Seberapa Penting Pendidikan bagi Wanita?

Seberapa Penting Pendidikan bagi Wanita?

Kisah Utama

Urbanwomen – Nama saya Rida Wiranti wanita berusia 29 tahun, menurut saya peran pendidikan sangat penting bagi wanita. Namun, memang tak semudah yang dibayangkan ketika perempuan memilih untuk melanjutkan pendidikan. Banyak yang akan bertanya “Lanjut kuliah lagi? Untuk apa punya gelar banyak-banyak?”, “Apa bisa membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan?”, “Lo kan perempuan ngapain kuliah tinggi-tinggi? Akhirnya juga ngurus suami dan anak”. Masih banyak pertanyaan yang muncul ketika saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah S2.

Awalnya sempat ragu, ada rasa takut tidak bisa tanggung jawab sampai selesai, tapi karena dukungan orang sekitar, akhirnya pada pertengahan tahun saya memutuskan untuk lanjut kuliah. 

Sekarang saya mempunyai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ketika saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan.

Untuk apa sekolah tinggi-tinggi dan punya banyak gelar?

Selain mengejar gelar, motivasi utama saya lebih kepada memperluas jaringan pertemanan serta wawasan. Pertama kali memulai perkenalan dengan teman kuliah, betapa bersyukurnya saya bisa sampai ke tahap ini. Memiliki teman-teman dengan latar belakang pendidikan, pekerjaan, dan pengalaman yang bermacam-macam.

Lebih seru lagi, sistem belajarnya tak hanya membahas teori saja tapi lebih banyak diskusi kelompok dengan kasus-kasus yang sedang terjadi dalam waktu dekat ini. Tentunya, dari sudut pandang yang berbeda-beda sesuai dengan latar belakang. Secara tak langsung, hal ini sangat bermanfaat untuk melatih kita agar selalu berpikir kritis. Seru banget, kan?

Pendidikan tinggi-tinggi, tapi ujung-ujungnya kewajiban lo ngurus suami dan anak?

Terkait dengan pertanyaan ini, saya ingat dengan sebuah kalimat ketika lulus SMA “Anak itu aset terbesar yang dimiliki oleh orangtuanya makanya harus dididik dengan ilmu” dan menurut Prof. Marco Francesconi (Professor Department of Economics University of Essex) yang memiliki minat penelitian pada ekonomi keluarga, menyampaikan jika level pendidikan yang dicapai ibu akan berdampak nyata dengan tumbuh kembang anak usia dini. Maka dari itu, sangat erat kaitannya jika perempuan berpendidikan tinggi, kemungkinan besar bisa menjadi teladan agar anak dapat mengejar pendidikan tinggi dan prestasi.

Saya percaya sekali, jika dibalik kesuksesan laki-laki pasti karena ada perempuan hebat di belakangnya. Saya sangat belajar jika menjadi seorang istri memang tak mudah seperti yang dibayangkan. Selain mengurus rumah tangga dan mengurus anak, istri juga harus bisa menjadi teman diskusi yang baik untuk suaminya kelak. Sehingga, setelah saya memutuskan menikah, saya segera daftar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Apakah bisa mengatur waktu antara kuliah, pekerjaan, keluarga? Soal mengatur keuangan lo gimana?

Untuk hal ini saya masih belajar, namun prinsip saya “Segala sesuatu yang baik itu harus dipaksakan”. Entah itu terkait soal managemen waktu ataupun keuangan. Mau nunggu sampai mampu, mau sampai kapan? Kalau terus ditunda, yang ada engga akan terlaksana.

Saya sangat terinspirasi dan termotivasi dari kedua orangtua. Masih teringat dulu ketika saya mau masuk kuliah S1, mereka akhirnya memutuskan untuk menjual mobil satu-satunya agar bisa menguliahkan saya di kampus swasta terbaik. Ada hal yang mau tidak mau dikorbankan saat itu, tentu awalnya terasa berat tapi segala sesuai yang baik itu harus dipaksakan.

Baca Juga: Buat Apa Perempuan Berpendidikan Tinggi?

Saya menceritakan hal ini, bukan karena saya sudah sangat sempurna berhasil menjalankan semuanya. Saya sadar, perjalanan masih panjang dan masih ada 2 tahun lagi untuk menyelesaikan semua apa yang sudah saya mulai. Sedikit masukan dari saya, selagi muda manfaatkanlah waktu dan uang yang kalian punya dengan hal yang bermanfaat.

Sumber: instagram @ridawirantii

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu