Sederhana Tapi Bermakna! Tips Liburan Ramah Lingkungan Bagi Wanita Modern

Travel

Urbanesse, aktivitas travelling di masa kini rupanya sudah menjadi bagian dari gaya hidup wanita urban dan masyarakat luas.

Menjadi bagian dari masyarakat modern, saya sendiri mengakui, rutinitas pekerjaan hingga kesibukan kerap memicu stres. So, wajar saja jika kita membutuhkan pelarian dengan berwisata ke pantai atau tamasya untuk menyegarkan pikiran.

Memang ya Urbanesse! Menjelajah dunia itu sangat menyenangkan. Terlebih, ketika kita mendatangi tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Namun, pengalaman berwisata akan terasa lebih berharga, jika kita mampu memberikan sumbangsih tanpa merusak alam, bukan?

Seperti yang Urbanesse ketahui, pariwisata dapat meningkatkan perekonomian suatu negara. Namun dilain pihak, penelitian membuktikan bahwa pariwisata berkontribusi sekitar 4,6% dari pemanasan global.

Beberapa negara bahkan harus menutup pantai-pantai populer dan memberlakukan larangan pada pengunjung karena polusi yang ditimbulkannya.

Duh.. kalau sudah begini, lantas di mana tanggung jawab kita sebagai makhluk bumi? Kita mungkin hanya ingin berwisata, tetapi tanpa disadari, bisa saja kita mengganggu keseimbangan alam.

Yuk, simak beberapa tips dari para pakar perjalanan berikut agar kita bisa lebih bijak sebagai pelancong dan lebih ramah lingkungan selama liburan.

1. Perjalanan Destinasi

     

Urbanesse, tahukah Anda jika rencana perjalanan tidak selamanya baik bagi lingkungan? Kenapa begitu? Pasalnya, selama ini perjalanan yang sempurna seringkali dikaitkan dengan perencanaan penerbangan yang matang.

Ketika pesawat lepas landas, diketahui moda transportasi udara ini mengeluarkan gas emisi paling buruk bagi lingkungan.

Oleh karena itu, kita masih bisa membantu mengurangi emisi dengan memilih penerbangan langsung.

Saat terbang, kita juga dapat berkontribusi menjaga lingkungan dengan membawa botol air sendiri dan kotak bekal makanan ringan sendiri. Jadi, kita bisa mengurangi sampah plastik dari kemasan produk instan.

2. Cara Menjelajah

     

Tips selanjutnya yang perlu dipertimbangkan Urbanesse adalah cara menjelajah destinasi wisata.

Saat berkeliling, alih-alih menggunakan kendaraan bermotor Anda bisa memilih tenaga pedal atau jika memungkinkan lakukan dengan berjalan kaki.

Menjelajah dengan sepeda atau berjalan kaki sangat bagus untuk mengurangi polusi dan menghemat bahan bakar. Selain itu, kita juga bisa lebih sehat karena terus bergerak dan bisa berhenti kapan pun untuk menikmati detail potensi wisata selama perjalanan.

Jika perjalanannya jauh, Anda dapat tetap menjaga lingkungan dengan memilih menggunakan transportasi umum setempat.

Cara ini sekaligus memberikan kesempatan kepada Anda untuk melihat budaya lokal dan kehidupan sehari-hari dengan lebih dekat. Bagaimana, asyik kan?

3. Membatasi Dampak Negatif

 

Sampah plastik menunjukkan tren yang terus meningkat sepanjang waktu. Jika Anda tidak melakukan langkah apa pun untuk mengurangi sampah, bagaimana nasib bumi ini di waktu mendatang.

Limbah memiliki dampak yang sangat besar pada bumi. Jadi sudah sepantasnya bila Anda mulai bergerak untuk menjaga landskap di seluruh dunia tetap murni.

Tindakan kecil seperti menghindari membeli makanan dalam kemasan secara berlebihan, menggunakan botol air isi ulang daripada botol sekali pakai atau menghindari kopi yang bisa dibawa pulang dapat membuat perbedaan nyata.

Anda juga bisa menghemat air dengan mandi tidak terlalu lama dan menggunakan kembali sprei dan handuk beberapa kali. Trust me, sedikit perubahan dalam liburan yang ramah lingkungan, akan sangat bermakna jika dilakukan berkelanjutan.

4. Melakukan Riset Hotel

Urbanesse, di era kekinian label ‘green’ mudah ditemukan di mana-mana, mulai kopi hingga mesin cuci Anda. Namun, memilih ‘green’ travel yang sesungguhnya adalah cara jitu untuk menyelamatkan bumi.

Teliti bagaimana hotel-hotel mempertimbangkan isu-isu spesifik destinasi dan bagaimana mereka memperlakukan manusia, flora dan fauna di tempat yang akan anda kunjungi.

Memilih hotel kecil yang dikelola secara lokal adalah cara terbaik untuk mendapatkan nilai-nilai ramah lingkungan.

5. Memikirkan Penduduk Setempat

     

Ke mana pun destinasi Anda, Urbanesse, pastikan kunjungan Anda memberikan lebih banyak manfaat daripada masalah bagi penduduk setempat.

Anda bisa membuat bumi kembali tersenyum dengan menghindari kegiatan yang dapat membahayakan hewan, atau yang tidak menghormati kepercayaan dan budaya setempat.

6. Mempertimbangkan Makanan yang Dibeli

   

Sebagian besar pelancong menganggap kuliner adalah salah satu bagian penting dalam sebuah petualangan eksotis. Banyak hal dapat dipelajari dari makanan mulai dari wawasan tentang budaya hingga penemuan-penemuan baru yang menarik.

Pertimbangkan untuk membeli makanan lokal karena Anda tidak hanya mendukung produksi daerah tapi juga memotong jejak karbon.

Meski begitu, Anda juga perlu mengetahui apakah makanan yang disajikan benar-benar aman dalam arti tidak menggunakan bahan atau spesies yang hampir punah.

7. Membawa Pulang Souvenir yang Tepat

 

Menjaga bumi artinya Anda menghindari membeli oleh-oleh berupa benda-benda atau pernak-pernik bersejarah dan satwa yang dilindungi.

Manfaatkan uang Anda untuk mendorong bisnis lokal tapi jangan membeli apap pun yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Batu karang, cangkang kura-kura, ikat pinggang kulit ular bukanlah souvenir yang tepat untuk mengenang petualangan Anda.

8. Mengambil Sampah Plastik

     

Urbanesse, bayangkan jika setiap orang memungut sampah plastik atau benda yang tidak bisa terurai setiap kali berkunjung? Maka, bukan mustahil garis pantai di seluruh dunia bisa kembali bersih dalam waktu singkat.

Tidak hanya mencegah limbah plastik ditarik ke laut dan mengganggu keseimbangan ekosistem, memungut sampah juga meningkatkan estetika dan daya tarik bagi pengunjung untuk kembali datang.

***

                                          BACA JUGA : Menemukan Kebahagianku Di Dalam Liburan.

Nah Urbanesse, apa ruginya memulai menyelamatkan bumi dengan tindakan kecil tapi nyata? Hanya memungut sampah mungkin terlihat sepele, namun sangat berharga dan berdampak besar bagi lingkungan wisata kita.

Yuk, mulai detik ini lebih menghargai bumi yang kita cintai ya, Urbanesse. Be wise and have a wonderful adventure, Ladies…

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu