Setelah Melakukan 3 Hal Ini, Kamu Akan Siap Secara Emosional untuk Suatu Hubungan

Setelah Melakukan 3 Hal Ini, Kamu Akan Siap Secara Emosional untuk Suatu Hubungan

Blog

Urbanwomen – Menjalin hubungan dengan seseorang tentu memerlukan keterampilan untuk mengatur dan mengelola emosi dengan baik. Banyak dari kita pasti pernah mengalami hubungan yang buruk rumit, sampai baik-baik saja. Tetapi di dunia di mana banyak dari pengalaman keintiman kita ditandai oleh trauma atau pola perilaku negatif, bagaimana kita bisa mengatasi hal-hal buruk untuk menemukan cinta yang sehat dan abadi? Inilah yang dapat kamu lakukan jika kamu sudah siap secara emosional untuk suatu hubungan.

  1. Belajar menghargai persahabatan

Kita diajarkan untuk memprioritaskan hubungan romantis kita sebagai keintiman yang menentukan dalam hidup kita, tetapi hal ini tidak benar. Apapun rintangan yang mungkin kita hadapi dalam kehidupan romantic kita, adalah kesalahan untuk berpikir bahwa ini berarti kita buruk dalam hubungan, titik. Seksualitas dan romansa bisa penuh karena berbagai alasan. Tapi dijamin, ada seseorang dalam hidupmu yang dengannya kamu memiliki hubungan yang tulus dan langgeng, baik orang tersebut anggota keluarga, teman, mentor, atau anak. Mengingat bahwa ada cinta dalam hidup kita membantu kita mengubah sifat dalam mental kita, “aku sangat buruk dalam hubungan”, dan pada gilirannya, mengajari kita apa yang kita hargai dalam persahabatan.

  1. Cintai dirimu sendiri

Mungkin mudah untuk diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Mencintai diri sendiri bukanlah sesuatu yang bisa kita lakukan secara instan, dan pengalaman, trauma, pelecehan, serta hubungan yang buruk membuat kita sulit untuk memupuk hubungan positif dengan diri kita sendiri. Hal ini dapat menimbulkan lingkaran setan di mana perasaan buruk terhadap diri sendiri menyebabkan kita mengharapkan perlakuan buruk dari orang lain, yang pada akhirnya membuat kita merasa lebih buruk tentang diri kita sendiri. Sebaliknya, merasa diberdayakan dapat membantu kita menyembuhkan dan memupuk hubungan yang lebih sehat di masa depan. Ada hal-hal yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki hubungan kita dengan diri kita sendiri. Belas kasihan adalah awal yang baik. Menyayangi diri sendiri adalah penerimaan dan cinta yang lebih dapat kita tujukan kepada diri kita sendiri, jenis cinta yang abadi dan tidak menghakimi yang kamu rasakan terhadap orang lain. Belas kasihan, berarti menerima kekurangan kita dan menerima bahwa kita mungkin menjalani perjalanan romantic yang Panjang dan membuat frustasi, membuat kesalahan, dan bahkan mengulangi kesalahan. Tak apa, kita semua manusia.

  1. Hilangkan hambatan traumatis dengan terapi

Terapi bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi pola perilaku negatif dan mengembangkan keterampilan untuk membangun hubungan yang bahagia dan sehat. Orang yang selamat dari trauma hubungan (pelecehan seksual di masa kecil dan kekerasan pasangan secara intim), beresiko lebih tinggi untuk mengalami viktimisasi. Mudah bagi kita untuk menyalahkan diri sendiri dan berpikir bahwa kita “tidak pandai dalam menjalin hubungan”, padahal sebenarnya trauma bukanlah kesalahan kita dan kita dapat memiliki pengalaman yang lebih sehat di masa mendatang. Teknik terapi perilaku kognitif yang menangani gejala PTSD dan depresi pada korban trauma telah terbukti mengurangi tingkat viktimisasi di masa depan. Jadi, jika kamu memiliki Riwayat trauma, atau kamu hanya ingin membangun pola hubungan yang lebih sehat untuk masa depan, sebaiknya bicarakan dengan terapis.

Baca Juga :7 Tanda Bahwa Kamu Menderita Kelelahan Emosional

Jika kamu merasa 3 tanda di atas sudah kamu temui, kamu sudah bisa mengatur dan mengelola emosi dengan baik dan siap untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Semangat!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu