Staycation, Alternatif Liburan Saat Pandemi

Staycation, Alternatif Liburan Saat Pandemi

Travel, Wisata

Memasuki bulan ketujuh masa pandemi COVID-19 banyak aktivitas di luar rumah yang dibatasi. Anjuran untuk tetap berada di rumah sedikit banyak mempengaruhi kondisi mental kita secara langsung maupun tidak. Salah satu alternatif kegiatan berlibur yang masih cukup aman dilakukan selama pandemi adalah staycation. Kami memiliki beberapa rekomendasi tempat staycation di sekitar Jakarta dengan harga terjangkau yang dijamin tidak membuat kantong bolong pasca berlibur. 

1. Vermisse Hostel Sukabumi

Staycation, Alternatif Liburan Saat Pandemi

Apakah Anda pernah mengunjungi daerah Sukabumi? Sukabumi bisa menjadi salah satu pilihan lokasi staycation. Vermisse Hostel merupakan sebuah rumah tinggal yang disulap menjadi penginapan unik bergaya vintage dengan daya tampung yang tidak banyak. Dengan harga kurang lebih Rp. 85.000 saja Anda menikmati sesi staycation yang hangat dengan keluarga atau teman terdekat. Tempat ini sering menjadi pilihan menginap bagi backpacker lokal maupun luar negeri, lho.

2. RedDoorz Syariah near Exit Toll Puncak

Berlokasi tidak jauh dari pintu tol Ciawi, penginapan ini merupakan salah satu tempat yang layak dilunjungi. Meski bukan bangunan bergaya modern yang mewah penginapan ini menawarkan beberapa fasilitas menarik seperti kolam renang dan halaman belakang yang asri. Dengan harga sewa kurang lebih Rp. 150.000 per malam, Anda bisa merasakan liburan layaknya di villa keluarga.

Berlokasi tidak  jauh dari pintu tol Ciawi, penginapan ini merupakan salah satu tempat yang layak dikunjungi. Meski bukan bangunan bergaya modern yang mewah penginapan ini menawarkan beberapa fasilitas menarik seperti kolam renang dan halaman belakang yang asri. Dengan harga sewa kurang lebih Rp. 150.000 per malam, Anda bisa merasakan liburan layaknya di villa keluarga.

3. Dago’s Hill Hotel Bandung

Staycation, Alternatif Liburan Saat Pandemi

Kota Bandung memang kerap kali menjadi destinasi pilihan bagi warga Jabodetabek. Bila Anda salah satu di antaranya, penginapan ini bisa dicoba. Berlokasi strategis dekat pusat kota, penginapan ini menawarkan harga yang relatif terjangkau yaitu Rp. 120.000 per malam dengan pemandangan yang memanjakan mata. Terdapat pula fasilitas lain seperti kolam renang. 

4. Maxone Hotel at Bounty Sukabumi

Staycation, Alternatif Liburan Saat Pandemi

Bila Anda memiliki bujet lebih dan ingin mendapatkan layanan hotel bintang 3 namun dengan tarif yang masih cukup masuk akal, Anda bisa mencoba hotel ini. Desain interior hotel yang modern akan membuat Anda betah menginap berlama-lama. Hotel ini juga menawarkan fasilitas lain seperti kolam renang dan playground untuk anak. Dengan harga kurang lebih Rp. 300.000, Anda bisa memiliki pengalaman staycation yang menyenangkan bersama keluarga.

5. Sahira Butik Hotel Bogor

Staycation, Alternatif Liburan Saat Pandemi

Berlokasi di Paledang, Bogor, tempat ini masih cukup dekat dengan kota Jakarta. Hotel yang bergaya klasik ini memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar sehingga Anda bisa terhindar dari keramaian yang berlebih. Dengan harga sewa Rp. 350.000 per malam, Anda akan dimanjakan dengan desain, serta pemandangan sekitar hotel yang indah lengkap dengan udara sejuk. 

 

Tips Staycation Selama Pandemi 

Kegiatan liburan singkat dalam bentuk staycation memang bisa menjadi pilihan yang relatif aman karena hanya berkegiatan di area penginapan tanpa perlu keluar hotel. Potensi bertemu dengan orang lain bisa diturunkan. Kendati demikian Urban Women memiliki beberapa tips penting untuk meningkatkan keamanan diri staycation di masa pandemi: 

 

  • Cari Sanitized Property: Pada masa pandemi ini beberapa platform pemesanan properti melengkapi informasi tentang penginapan atau hotel yang melakukan sanitasi. Perhatikan keterangan tersebut ketika hendak mencari properti.

 

  • Lakukan Sterilisasi: Selain menerapkan protokol kesehatan pada diri masing-masing (memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak) Anda wajib melakukan pembersihan ekstra dengan menyemprot seluruh area kamar dan barang di dalamnya menggunakan alkohol 70% secara merata. Fokuskan terutama pada barang-barang dan area yang sering disentuh orang.

 

  • Hindari Keramaian:  Anda tentunya akan beraktivitas juga di area-area komunal seperti restoran, lobi, kolam renang, dan lainnya. Sebisa mungkin hindari keramaian dan tetap menjaga jarak setidaknya dua meter. Anda juga sebaiknya tidak menciptakan keramaian dengan membawa rombongan ketika staycation. 4 orang maksimal. Menghindari waktu-waktu padat seperti akhir pekan juga bisa dilakukan agar terhindar dari keramaian. 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu