Mengenal Lebih Dalam Audiobook

Buku, Teknologi/Gadget

Ladies,  setiap kita pasti memiliki hobi yang beragam seperti ada yang menyukai memasak, berolahraga, membaca buku, bahkan berbelanja mungkin? Apapun bentuknya hobi dapat membuat kita lebih bahagia ketika kita menjalaninya kan ladies? Berikut ada pengalaman sahabat kita Maria ingin bercerita tentang menggunakan “AudioBook” sebagai wadah menyalurkan hobinya dalam membaca. Apasih audiobook tersebut? Yuk mari kita mengenal lebih dalam.

Beberapa waktu belakangan ini saya tertarik dengan audiobook. Meskipun format ini sudah tersedia sejak lama, menggunakan audiobook adalah pengalaman baru bagi saya. Dan ternyata, format buku ini dapat menjadi teman untuk mengisi waktu yang menyenangkan sekaligus bermanfaat.

Barangkali, sama halnya dengan saya, teman-teman belum familiar dengan format audiobook, atau bahkan isitilah audiobook itu sendiri.  Audiobook pada dasarnya adalah  berasal dari gabungan dua kata Audio yang berarti suara dan book yang berarti buku. Berarti, audiobook merupakan sebuah buku yang dibuat versi audionya  dimana terdapat narator yang membacakan buku itu kemudian direkam. Dalam artian lain audiobook berarti dua kata gabungan  audio dan book , bisa disimpulkan bahwa audiobook adalah buku dalam bentuk suara.

Awalnya audiobook diperuntukkan bagi tunanetra, dan diputar dengan menggunakan gramophone. Namun seiring dengan perkembangannya, kini audiobook dapat dinikmati oleh semua orang, dalam berbagai bentuk termasuk digital yang lebih mudah digunakan.

Ketertarikan saya pada audiobook bermula pada saat saya sedang iseng mendengarkan salah satu buku puisi di aplikasi audiobook milik teman saya. Sensasi baru yang saya rasakan dari mendengarkan audiobook saat itu membuat saya ketagihan. Apalagi saya merasa bahwa mendengarkan audiobook, terutama dalam bahasa asing pada dasarnya dapat membantu kemampuan kita memahami bahasa tersebut. Hal ini membuat saya semakin tertarik untuk mencari

Pada saat saya mencoba menggunakan audiobook kembali pilihan saya jatuh pada novel seri Harry Potter yang memang saya gemari sejak sangat lama. Ternyata cara ini berhasil membuat saya bisa mendengarkan dan memahami isi buku dengan lebih baik. Cara lain yang saya gunakan untuk mempermudah saya memahami isi buku adalah dengan mencari narator yang suaranya saya sukai. Namun Untuk saat ini, pilihan saya sedikit beralih dari buku fiksi ke buku pengembangan diri berjudul the power of doing less: raih hasil maksimal dengan melakukan sedikit hal oleh Fergus O’Connel.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari audiobook yang saya rasakan berdasarkan pengalaman saya.

1. Praktis dan efektif. Seringkali kita menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan. Apalagi untuk teman-teman yang tinggal jauh dari lokasi kerja atau sekolah. Mendengarkan audiobook bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu selama di perjalanan, sekaligus menambah wawasan kita ladies.

2. Audiobook memiliki beragam pilihan genre dan bahasa. Mulai dari dongeng sebelum tidur untuk anak-anak, buku cerita fiksi,puisi,  buku motivasi dan lainnya dapat mudah ditemukan dalam format audiobook. Banyaknya ragam bahasa juga membantu kita untuk mempelajari bahasa asing dengan lebih menyenangkan. Selain itu bagi saya audiobook membantu kita untuk belajar mendengarkan dan menyimak dengan baik, dua kualitas yang saya rasa sudah jarang dimiliki oleh teman-teman masa kini. Padahal, memiliki kemampuan untuk mendengarkan dan menyimak sangat bermanfaat bagi kita, baik untuk membantu kita dalam kehidupan sehari-hari ataupun di dunia pekerjaan.

Selain memiliki kelebihan, audiobook juga ada beberapa kelemahan pada saat menggunakannya seperti sangat terbatasnya pilihan untuk buku berbahasa Indonesia. Selain itu, menurut saya narator memegang kunci yang sangat penting untuk mempengaruhi pembaca, dan tidak semua audiobook memiliki narator yang dapat menarasikan buku tersebut dengan baik untuk bisa menimbulkan ketertarikan bagi kita untuk terus mendengarkan.

Ladies, untuk kalian yang mungkin belum pernah menggunakan saya sangat menyarankan untuk mencobanya. Untuk memanfaatkan waktu yang kosong ataupun ingin membaca buku dengan cara yang berbeda. Mendengarkan audiobook dapat menjadi alternatif pilihannya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu