Heart To Heart Agustus 2018

UW Event

Learning point para member dari sharing Heart to Heart (Sabtu,11/8/2018) kami sepakat bahwa :

1. Jangan menikah karena hanya untuk mendapatkan status, desakan /tekanan orang lain dan usia. Pastikan bahwa kita sudah tahu tujuan, komitmen dan resiko pernikahan.
2. Tidak memaksakan diri kita untuk menuruti permintaan/arahan ortu jika kita tidak sependapat/setuju dengan memberikan alasan yang bisa di terima ortu.
3. Kita sebagai anak harus punya keberanian untuk menentukan pilihannya sendiri.
4. Perempuan harus punya prinsip agar tidak mudah di kendalikan keadaan (masyarakat, pasangan, orangtua dan kultur).
5. kita sebagai anak musti jeli melihat itikad orangtua meski maksud mereka baik, analisa apakah pilihan mereka baik atau tidak, benar atau salah untuk kita jika kita ambil pilihan tersebut. Bukan hanya mengiyakan saja tetapi kita harus bisa menganalisa lebih dalam lagi: Komunikasikan dengan saling mengingatkan 2 arah.

Kami juga sepakat bahwa cara menjembatani antara orangtua dan anak dan sebaliknya agar tidak ada konflik berdasarkan pengalaman kami masing-masing :

1. Komunikasi 2 arah (sampaikan dengan cara dan kata-kata yang baik) baik orangtua kepada anak maupun anak kepada orangtuanya.
2. Tidak memaksakan diri kita utk menuruti permintaan/arahan ortu jika kita tidak sependapat /setuju dengan memberikan alasan yang jelas dan bisa diterima ortu.
3. Analisa itikad baik orangtua apa benar baik untuk kita atau tidak.
4. Jika kaitannya dengan love relationship pastikan kita menggunakan logika (bisa memisahkan diri antara cinta dan logika ) kita tidak selalu harus hidup apa kata orang. Lakukan apa yang menurutmu baik dan membuatmu bahagia.

“Intinya kita harus berani menentukan pilihan (karir maupun pasangan) yg terbaik menurut kita sendiri dan memperjuangkannya dibantu dengan doa dan kesabaran untuk meyakinkan orangtua kita bahwa pilihan kita adalah baik. Jika pilihan kita tersebut ternyata salah maka kita harus berani cepat mengambil sikap dan bangkit kembali” -Citra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu