Memulai-hubungan

Yuk Ketahui Hal-Hal Ini Sebelum Menjalin Hubungan

Cinta & Relasi

UrbanWomen – Apakah saat ini urbansis sedang berstatus single dan sedang memikirkan untuk memulai hubungan cinta?

Sebelum kamu dapat menemukan seseorang yang cocok, kamu harus merasa siap dulu untuk menemukannya. Banyak orang berakhir menjalin hubungan dengan orang yang salah, karena kurangnya pengetahuan atau persiapan sebelum memulai hubungan.

Tentu semua orang ingin memiliki hubungan yang ‘sehat’ tapi tidak semua orang mengetahui apa saja yang perlu dilakukan atau dipersiapkan agar bisa berada dalam hubungan yang sehat.

Berikut 5 hal yang perlu kamu ketahui dan persiapkan sebelum menjalin sebuah hubungan cinta.

1. Bekali dirimu dengan pengetahuan tentang hubungan sehat dan tidak sehat

Sebelum memulai hubungan hal penting yang perlu kamu siapkan adalah pengetahuan tentang perbedaan hubungan yang sehat itu seperti apa dan yang tidak sehat itu seperti apa. Misalnya apakah hal-hal wajar yang dilakukan dalam suatu hubungan, wajar bila dalam hubungan terjadi pertengkaran. Namun pada hubungan yang sehat, pertengkaran akan dijadikan sebagai proses pendewasaan hubungan. Sedangkan pada hubungan yang tidak sehat, pertengkaran tidak akan berimbas apa-apa. Sehingga pertengkaran dengan masalah yang sama akan terjadi berulang-ulang.

Kamu juga wajib bisa mengenali tanda awal dari kekerasan dalam hubungan agar bisa terhindar dari kekerasan baik secara fisik, emosional maupun seksual dalam hubungan. Salah satu tandanya adalah pasangan cenderung memaksa dan memanipulasi kamu untuk melakukan semua yang ia inginkan.

2. Dia datang bukan untuk menyelamatkan kamu

Tidak ada orang yang bisa menyelamatkan kamu, kecuali diri kamu sendiri. Menempatkan seorang menjadi “kesatria berkuda putih” hanya akan menimbulkan kekecewaan setiap saat. Pasangan adalah manusia sama seperti kamu. Mereka memiliki ketakutan, perasaan sensitif, mereka bisa salah dan mereka membutuhkan pengertian, penerimaan, dan cinta seperti yang kamu butuhkan. Hilangkan pemikiran,

“Jika saya bertemu dengan orang yang tepat, semua permasalahan dalam hidup saya bisa selesai dengan mudah” 

Jangan berpikir untuk diselamatkan, sebelum memulai hubungan dengan orang lain, kamu perlu memastikan untuk membenahi dirimu sendiri. Membereskan permasalahan yang ada didalam dirimu bukan mengharapkan diselamatkan oleh pasanganmu.

3. Tingkatkan kemampuanmu dalam berkomunikasi

Kamu perlu meningkatkan kemampuanmu dalam berkomunikasi, seperti mampu mengkomunikasikan keinginan, kebutuhan, dan apa yang perlu diperbaiki dalam hubungan tersebut adalah dasar dari hubungan yang sehat dan langgeng. Kurangnya komunikasi akan menciptakan banyak kesalahpahaman dalam hubungan, seringkali karena tidak dapat mengkomunikasikan keinginan kamu sendiri membuatmu jadi tidak bahagia.

Karena hubungan yang kamu jalin berisi dua orang yang memiliki kepala dan pemikiran yang tentu berbeda. Kalau kamu menganggap persahabatan dengan lawan jenis adalah hal yang wajar, belum tentu dengan pasanganmu. Komunikasi adalah satu-satunya cara untuk bisa saling mengerti.

4. Time Management

Saat kamu ingin memulai suatu hubungan, pastikan kamu memiliki time management yang baik. Kamu harus bisa membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, sahabat dan pasanganmu. Seringkali saat mulai masuk dalam hubungan cinta, seseorang jadi tidak memiliki waktu dengan keluarga, sahabat bahkan mungkin jadi tidak fokus untuk melakukan pekerjaanya karena terlalu sibuk mengurusi hubungan cinta.

5. Passion dan Impianmu adalah prioritas

Passionmu adalah salah satu yang perlu tetap kamu kejar meski sudah berada dalam hubungan. Karena itu penting untuk memiliki jalur karir dan tujuan hidup yang jelas. Tapi kita semua tahu bahwa hidup tidak selalu berjalan seperti yang kita inginkan. Karena itu kita tidak boleh mengesampingkan passion dan cita-cita ketika kamu memasuki suatu hubungan, atau pada titik mana pun. 

Kadang saat sudah masuk dalam hubungan kamu tidak ingin menjadi egois dan menempatkan semua impian kamu di atas hubungan kalian. Apa pun yang kamu sukai dan jalani sebelum memasuki hubungan kamu harus tetap ada saat sudah berada dalam hubungan. Memiliki pasangan itu hanya menambahkan orang luar ke dalam hidup kamu bukan untuk merubah atau menghalangi passion kamu. Dan, jika ternyata pasanganmu tidak mendukung impian dan passion kamu, apakah itu sepadan dengan waktu yang kamu habiskan untuk mengejar mereka sebelum kamu bertemu dengannya.

6. Kenali dirimu sendiri

Di luar hubungan, kamu orang seperti apa? 

Apa impianmu di masa depan?

Apakah kamu sudah siap membagi hidupmu pada orang lain?

Kamu tipe pasangan seperti apa saat menjalin hubungan? 

Pertanyaan-pertanyaan ini penting untuk ditanyakan pada dirimu sebelum kamu memasuki suatu hubungan yang serius. Mengenal diri kamu luar dan dalam akan membantu membangun pondasi hubungan yang lebih baik dengan pasangan. Karena mempersiapkan diri untuk menjalin hubungan bukan hanya tentang bagaimana mengenal orang lain tapi juga bagaimana kamu bisa mengenal dirimu sendiri.
Karena itu kamu perlu mengetahui personal boundaries kamu dengan baik, yaitu batas atau ruang antara diri kita dengan orang lain. Menetapkan batasan pribadi adalah kunci untuk memastikan masing-masing individu dalam sebuah hubungan sama-sama saling menghargai, mendukung dan peduli. Batasan-batasan tersebut juga bisa menjadi tolak ukur self-esteem seseorang, bagaimana kamu menetapkan batasan perilaku-perilaku apa saja dari orang lain yang dapat kamu terima.

Baca Juga: Belum Move On Sudah Memulai Hubungan Baru, Justru Menambah Luka Diriku

Itu adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan persiapkan sebelum menjalin sebuah hubungan sister, apa kamu sudah mengetahuinya? Kalau belum yuk tanyakan dulu pada dirimu sendiri, apa kamu sudah benar-benar siap untuk masuk dalam hubungan cinta?

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu